Art & Design

Art Moments Jakarta Menggelar Hybrid Art Fair Pertama Di Indonesia

Oleh: Almira D

Foto: Art Moments Jakarta

 

Para penggemar seni di Jakarta kembali disuguhi dengan salah satu pameran seni premium yang berlangsung sejak tanggal 20 Mei hingga 30 Juni 2021, yaitu Art Moments Jakarta. Art Moments Jakarta hadir dengan konsep yang unik, yakni Hybrid Art Fair pertama di Indonesia yang memungkinkan penikmatnya menyaksikan 50 lebih partisipasi karya dari dalam maupun luar negeri secara online maupun offline di tiga galeri ternama. Rangkaian acara Art Moments Jakarta Online ini pun bisa langsung diakses melalui website Art Moments Jakarta di sepanjang bulan Juni 2021. 

 

Art Moments Jakarta sendiri merupakan gelaran yang didirikan oleh kolektor seni Indonesia dan dikelola oleh tim berpengalaman yang berbasis di Jakarta dan Singapura. Acara ini diadakan sebagai wadah untuk galeri seni lokal dan internasional yang bertujuan untuk menghadirkan network, educate, exhibit, dan engage terhadap para pelaku seni maupun penikmatnya. Secara lebih jauh, Pendiri dan Fair Director Art Moments Jakarta, Leo Silitonga juga menjelaskan bahwa selama pandemi ini mereka mencari jalan agar para pelanggan dan mitra bisa terlibat, sehingga platform daring merupakan jawaban tepat yang dapat mengakomodir hal ini, sekaligus menjadi jembatan untuk para pemilik galeri dan pecinta seni yang dapat secara aktif mempromosikan seniman Indonesia dan karyanya. 

 

Diawali pada 20 Mei, 2021 di Art:1 Kemayoran, Jakarta, Art Moments Jakarta Online membuka gelaran intimate offline dengan menghadirkan koleksi permanen yang telah dikurasi oleh kurator profesional dan berfokus pada seniman muda pilihan. Salah satunya, Art:1 menampilkan karya dari Yawara Oky Rahmawati yang bercerita tentang gambar anak-anak dan memori orang dewasa. Pada karyanya ini, Yawara menggunakan metode apropriasi dengan meminjam metode kerja dan citra visual anak untuk diinterpretasikan kembali dengan problema yang terjadi di era ini. 

 

Tak hanya itu, Art Moments Jakarta juga menghadirkan Chan+Hori Contemporary, spesialis kuratorial seni kontemporer yang menampilkan karya seniman Singapura, Jay Ho. Karya Jay Ho sendiri menghadirkan seni pola abstrak yang terinspirasi dari kemegahan alam yang bertentangan dengan mortalitas manusia. 

 

Lawangwangi Creative Space, Bandung pun juga turut ambil alih dibawah naungan ArtSociates dan menghadirkan karya Eddy Susanto yang berakar pada penelitian berbagai unsur sejarah yang kemudian menghadirkan identitas budaya Jawa. 

 

Adapun Galeri Zen 1, galeri seni rupa kontemporer yang berbasis di Bali juga ikut menampilkan karya seni lukis almarhum maestro asal Bali, I Made Wianta yang belum pernah diperlihatkan kepada publik sebelumnya. 

 

Keunikan rangkaian acara Art Moments Jakarta ini juga dilengkapi dengan topik diskusi yang berhubungan dengan Art and Mental Health, Art and Investment, dan topik Crypto Art yang sedang banyak diminati masyarakat. 

 

Selain menikmati secara online, Art Moments Jakarta juga dapat dikunjungi di tiga galeri berbeda, yakni Art: 1 (20-22 Mei), D Gallerie (1-3 Juni), dan CAN’S Gallery (18-20 Juni). Sebelum berkunjung, para tamu diharapkan untuk melakukan reservasi melalui vip@artmomentsjakarta.com.