Art & Design

Instalasi Tak Berwujud Karya Seniman Italia Terjual Seharga 18,300 USD

Oleh: Almira D

 

Bulan lalu, seorang seniman berumur 67 tahun asal Italia, Salvatore Garau menjual karya “seni pahat tak berbentuk” yang benar-benar tidak berwujud. Karya seni ini dijual lewat rumah lelang Italia, Art-Rite dengan harga estimasi pra-penjualan sekitar 6,000-9,000 EUR. Pembeli karya ini pulang dengan membawa sebuah sertifikat keaslian dan serangkaian instruksi dimana karya itu, menurut Garau, harus dipamerkan di rumah pribadi di ruang sebesar lima kali lima yang bebas dari halangan.

 

Bagi Garau, karya seni yang berjudul Lo Sono (yang berarti ‘Saya’) ini memiliki konsep tersendiri dibalik bentuknya yang tak berwujud sama sekali. Lewat wawancaranya bersama salah satu kanal berita di Spanyol, yakni Diario AS, ia mengatakan bahwa, “Kevakuman ini tidak lebih dari ruang yang penuh energi, dan bahkan jika kita mengosongkannya tanpa ada satupun yang tersisa, menurut prinsip ketidakpastian Heisenberg, tak ada satupun yang memiliki bobot. Oleh karena itu, ruang ini memiliki energi yang terkondensasi dan berubah menjadi partikel, yaitu menjadi kita.”

 

Sebelum karya Lo Sono, Garau sudah pernah menjual karya serupa di bulan Februari awal tahun ini di Piazza Della Scala, Milan. Karya lainnya ini mempertunjukkan instalasi berjudul BUDDHA IN CONTEMPLATION yang juga tak berwujud dan ditandai dengan plester berbentuk kotak di atas jalan berbatu. Bulan ini, ia juga turut memperlihatkan instalasinya, AFRODITE CRIES di depan bursa saham kota New York. Karyanya kali ini ditandai dengan lingkaran putih kosong yang didukung oleh Italian Cultural Institute. 

 

Dalam sebuah video dokumenter untuk karyanya di Milan, Garau juga mengatakan bahwa, “Kalian memang tidak bisa melihatnya, tapi karya ini nyata; karya ini terbuat dari udara dan semangat,” ia turut melanjutkan, “Karya ini mengajak kalian untuk mengaktifkan kekuatan imajinasi, kekuatan yang dimiliki semua orang, bahkan untuk mereka yang tidak percaya jika mereka memilikinya.” 

 

Tak heran jika karyanya ini menggemparkan banyak orang di jagat internet yang tak henti untuk mempertanyakan motivasi di balik karyanya ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian dapat menikmati karyanya lewat kanal Youtube Salvatore Garau.