Art

Pameran Dari Seniman Muda 90-an

Akhir-akhir ini, istilah “milenial” seakan disamaratakan artinya dengan generasi muda--terutama kelas menengah yang manja dan self-centered. Jika bukan ejekan sinis seperti itu, istilah “milenial” juga digunakan oleh generasi tua yang ingin terlihat “muda” dan relatable di depan audiensnya. Tak sedikit perusahaan maupun entitas pemerintahan yang kerap jatuh dalam jebakan ini.

Padahal, generasi milenial adalah kelompok yang jangkauan umurnya sangat lebar. Sebagai kelompok yang lahir di antara tahun 1980 dan 2000, milenial paling tua kini hampir menembus usia 40 tahun, sementara yang paling muda masih berada di masa remaja. Pantaskah dua kelompok yang sangat berbeda ini diselaraskan dengan stereotip-stereotip yang sama?

Isu inilah yang ingin diangkat dalam eksibisi “I Wanna Dance With Somebody (Who Loves Me)...” yang dikurasi dan diselenggarakan oleh RUBANAH Underground Hub. Pameran ini menampilkan karya-karya dari sembilan seniman muda yang semuanya lahir di tahun 1990-an, mereka yang saat ini hidup di tengah range umur milenial tertua dan termuda. Seperti yang dikutip dari kurator “I Wanna Dance With Somebody (Who Loves Me)...” Grace, Chita, dan Enin, klise rasanya untuk sekadar mempresentasikan mereka sebagai yang muda.

Dengan demikian, RUBANAH Underground Hub tak hanya mengkurasi sembilan perupa yang terlibat dalam pameran ini, melainkan juga terlibat dalam pengenalan praktik setiap seniman, rencana karya, sampai penataan karya dalam ruang pamer. Hasilnya adalah ragam praktik dan kecenderungan berkarya yang unik dari masing-masing seniman.

Audya Amalia, misalnya, menampilkan tradisi “nguntun” atau mengepang rambut dalam karyanya. Karya ini mencoba menafsirkan ulang definisi interaksi yang digambarkan melalui deretan rambut palsu yang disertai instruksi mengepang rambut. Sementara itu, Egga Jaya menggunakan gula sebagai bahan karyanya dengan teknik grafis sugar-aquatint ini sebagai metafora tentang bagaimana seni dapat mengubah sesuatu yang sangat alami, akrab dan umum menjadi sesuatu yang istimewa.

Eksibisi “I Wanna Dance With Somebody (Who Loves Me)...” berlangsung hingga 22 Februari 2020.

 

I Wanna Dance With Somebody (Who Loves Me)...

RUBANAH Underground Hub

Jl. Timor No. 25, Gondangdia

Menteng, Jakarta Pusat

10350