Art

Poros Bandung

Pameran Poros Bandung yang dilaksanakan oleh Artsociates dan Komunitas Salihara kini telah resmi dibuka. Bertajuk Poros Bandung, pameran ini lebih dilihat sebagai bentuk provokasi dibandingkan sekadar penjelasan. Menurut sebagian orang yang berkarya di lingkungan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, judul pameran ini tidak hanya menjelaskan tentang 'apa', tapi juga mengenai 'bagaimana' dan 'untuk apa'. Bagi para kurator, istilah 'Bandung' dalam hal ini berkaitan dengan 'Mazhab Bandung' yang tidak hanya tentang alur peristiwa, namun juga menafsirkan sesuatu.

Poros Bandung adalah suatu bentuk usaha untuk melakukan reka ulang peristiwa dan penafsiran sebagai sebuah alur perkembangan seni rupa yang terus berlanjut. Karya-karya yang dipamerkan menunjukkan napak tilas perkembangan seni rupa di Bandung yang cukup panjang, dikerjakan oleh para seniman dari generasi yang berbeda. Pameran ini juga memulai proyek pendidikan dan menggali berbagai makna dari perkembangan seni rupa secara evolutif dan revolutif dari paradigma seni rupa modernisme di Indonesia.

Sebanyak 22 seniman dengan 26 karya berpartisipasi dalam pameran ini. Poros Bandung ini berlangsung dari 2 - 13 Maret 2019 di Galeri Salihara.

 

 

 

 

Poros Bandung

Komunitas Salihara

Jl. Salihara No. 16, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12520