Lifestyle

Film Musim Panas

Hangatnya musim panas tak jarang menjadi latar dari sejumlah film-film ikonik sepanjang zaman. Meskipun hanya berlangsung sekelebat bulan, memori dan petualangan musim panas telah diabadikan dalam film-film bertemakan musim panas pilihan Insitu berikut ini.

 

Almost Famous  (2000)

Dir. Cameron Crowe

Pada tahun 1973, hidup William Miller (Patrick Fugit), remaja berusia 15 tahun, berubah drastis. Tinggal dengan ibu yang overprotektif dan dijauhi teman-temanya di sekolah, William mendadak berkesempatan untuk ikut tur sebuah band keliling Amerika dan menulis laporannya untuk majalah Rolling Stone. Sayangnya, kehidupan sebagai seorang jurnalis rock tidak selalu seindahnya bayangan.

 

The Talented Mr. Ripley (1999)

Dir. Anthony Minghella

Diadaptasi dari buku berjudul sama karya Patricia Highsmith, musim panas yang cantik di Italia berubah mengerikan dalam film psychological thriller ini. Tom Ripley (Matt Damon), pemuda yang hidup pas-pasan dari hasil menipu, dikirim ke Italia unutuk membujuk Dickie Greenleaf (Jude Law) kembali kepada keluarga ayahnya yang kaya raya di Amerika Serikat. Namun, niat jahat muncul di kepala Ripley. Ia tak segan-segan membunuh untuk dapat merasakan kehidupan mewah seperti yang dimiliki Greenleaf.

 

Roman Holiday (1953)

Dir. William Wyler

Dari sekian banyak komedi romantis keluaran Hollywood, film ini dapat dibilang sebagai salah satu yang tak lekang oleh zaman. Audrey Hepburn--yang pada saat itu masih seorang pendatang baru di dunia film--berperan sebagai Ann, seorang putri kerjaan yang frustasi dengan kesibukannya dan ingin bebas berkelilig kota Roma. Berkat penampilan apik Hepburn, Roman Holiday berhasil meraih piala Oscar untuk kategori Best Actress, sekaligus memenangkan penghargaan untuk Best Costume Design dan Writing.

 

Stealing Beauty (1996)

Dir. Bernardo Bertolucci

Dibintangi oleh Liv Tyler, film ini menceritakan tentang seorang remaja yang menghabiskan liburan musim panasnya di Tuscany, Italia, bersama keluarga dan teman-temanya hingga ia kembali bertemu dengan cinta lama yang dikenalnya empat musim panas lalu. Kombiniasi arahan sinematografi dari sutradara Bernardo Bertolucci dan skenaria yang ditulis oleh novelis Susan Minot sukses menggambarkan suasana musim panas yang hangat, sensual, dan penuh nostalgia.

 

Call Me By Your Name (2017)

Dir. Luca Guadagnino

Berlatar musim panas di tahun 1983, film coming of age ini berkutat seputar cinta pertama, sekaligus patah hati untuk pertama kalinya. Ello Perlman (Timothee Chalamet), remaja berusia 17 tahun sekaligus musisi yang berbakat, tinggal bersama orang tuanya di sebuah vila. Ayahnya, seorang profesor di universitas, gemar mengundang murid-murid kesayangannya untuk tinggal di vila mereka saat libur musim panas. Kali ini, salah satu murid ayahnya telah memikat Ello setelah menghabiskan waktu bersama.