Lifestyle

Jepang #3 Menikmati Malam II

Satu artikel tidak cukup untuk mengulas pengalaman kami menjelajah kehidupan malam di Tokyo. Dalam edisi kedua dari seri artikel Menikmati Malam, kami tambahkan 7 pilihan bar dan klub pilihan yang kami rekomendasikan untuk siapa saja yang hendak berkunjung ke megapolitan yang tak pernah tidur ini.

 

Another 8

Alamat: Yokogawa Bldg 1F, 1-2-18 Shimomeguro, Meguro-ku, Tokyo

Bar yang menyajikan craft beer dan sake ini berlokasi di kawasan elit Meguro, Tokyo. Sesuai dengan namanya, Another 8 menyediakan 8 bar tap untuk menjamu para pelanggannya. Dengan interior yang minimalis beraksen kayu, Another 8 terlihat sangat modern dan stylish, berbeda dengan desain pub ala Eropa maupun Amerika.

Meskipun bir adalah spesialisasi mereka, jangan lewatkan pilihan makanan ringan di Another 8 yang menggabungkan cita rasa tradisional Jepang dengan sentuhan modern. Beberapa pilihan favorit adalah marinated octopus dan omelet daikon.

 

Aoyama Tunnel

Alamat: B1, 4-5-9 Shibuya, Shibuya-ku, Tokyo

Dibuka di tahun 2011, Aoyama Tunnel menempati lokasi yang turun-temurun menjadi bagian dari landscape musik underground Tokyo: sebelumnya bangunan ini adalah Bar Aoyama, dan klub legendaris Oath juga sempat berada di lantai atas sebelum pindah.

Kurasi musik di Aoyama Tunnel cukup beragam, sesuai dengan pengunjungnya. Dengan penampilan DJ lokal dan internasional yang mengisi acara setiap harinya, Aoyama Tunnel menjadi tujuan yang layak disinggahi selama di Tokyo.

 

Bar Albatross

Alamat: 1-2-11 Nishi-Shinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo

Bertempat di deretan bar yang memenuhi gang legendaris Golden Gai, Shibuya, Bar Albatross sekilas terlihat sempit dan penuh. Tempatnya yang kecil hanya memuat kurang lebih 30 orang. Walaupun begitu, suasana mewah dan eksentrik tak dapat dihiraukan. Lampu gantung kristal, patung, dan pigura antik menghiasi bar ini. 

Pilihan minuman yang tersedia di Albatross cenderung tradisional, seperti schochu, sake, dan plum umeshu yang berharga sekitar  ¥700 tiap gelasnya. Untuk dapat menikmati minuman dengan pemandangan unik di Albatross, Anda harus membayar cover charge sebesar  ¥300--harga yang cukup pantas untuk pengalaman yang ditawarkan.

 

Contact

Alamat: Shin-Taiso Bldg Nr 4 B2F, 2-10-12 Dogenzaka, Shibuya-ku, Tokyo

Klub yang berada di sebuah basement ini terbagi menjadi 2 bagian, area dancefloor utama dan sebuah bar. Menariknya, kamera dalam jenis apapun dilarang untuk digunakan di Contact. Hal tersebut terbukti bukan masalah karena pesta-pesta yang diadakan di Contact selalu ramai dan berjejal.

Saat ini, tidak ada DJ residen yang selalu hadir di Contact. Event dengan beragam genre hadir silih berganti. Nama-nama yang sempat bermain di klub ini cukup bervariasi, mulai dari Dekmantel, Louie Vega, DJ Nobu, dan Fumiya Tanaka. 

 

DJ Bar Azumaya

Alamat: 2-14-8 Dogenzaka, Shibuya-ku, Tokyo

Berlokasi di area Tsutaya O-East, DJ Bar Azumaya adalah salah satu venue baru yang sedang sering dibicarakan. Didesain oleh Hirokazu Yamazaki, desainer interior sekaligus anggota band shoegaze toe, DJ Bar Azumaya mengusung konsep wakon yosai, yaitu spirit Jepang dengan teknik ala Barat. 

Interior DJ Bar Azumaya yang kedap suara makin memperkuat pengalaman mendengarkan alunan house dan techno yang dimainkan setiap harinya. Tak hanya musik, DJ Bar Azumaya juga menawarkan pilihan cocktail yang unik. Salah satu menu favoritnya adalah Japanese Pepper Gin Tonic yang terbuat dengan sansho pepper khas Jepang.

 

Eagle Suntory Lounge

Alamat: Sekine Bldg B1/B2F, 3-24-11 Shinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo

Selama lebih dari 30 tahun, Eagle Suntory Lounge telah konsisten menyajikan whisky pilihan--beberapa di antaranya adalah yang terbaik di dunia. Dengan pelayan bertuksedo dan lampu gantung kristal, bar ini berkesan klasik dan mewah.

Selain minuman, pengunjung juga dapat memesan berbagai menu makanan ala Jepang, Cina, hingga Barat dari buku menu yang seakan tak pernah berubah dari tahun 1980-an. Jika Anda menginginkan suasana nostalgia di tengah Tokyo yang ultramodern, Eagle Suntory Lounge adalah tempat yang tepat.

 

Track Bar and Lounge

Alamat: 3-24-9 Higashi, Shibuya City, Tokyo

Terletak di pusat kota Tokyo, Track Bar and Lounge memiliki 2 hal favorit banyak penikmat musik: sound system antik yang prima dan koleksi musik yang sangat beragam. Pengalaman tersebut bisa didapatkan dengan seating charge seharga ¥800.

Dengan koleksi musik yang sangat thoughtful, layak rasanya jika bar ini menetapkan peraturan untuk tidak berbicara keras-keras. Track Bar and Lounge lebih cocok untuk bersantai sejenak untuk menikmati minuman sambil mendengarkan musik yang diputar.