Lifestyle

Jepang #4 Semalam Di Hokkaido

Wisata ke Jepang tak selamanya harus berpusat di ibu kota. Dalam perjalanan kami, Tim Insitu menyempatkan diri singgah ke Hokkaido, sebuah pulau di ujung utara Jepang yang terkenal dengan keindahan alamnya. Walaupun demikian, bar dan kafe yang berada di sini juga tak kalah menarik. Kali ini, kota Sapporo menjadi tujuan utama kami untuk melarikan diri dari hiruk pikuk Tokyo yang sibuk.

 

Arabica Coffee

Alamat: 188-9, Aza Yamada, Kutchan-chou, Abutagun, Hokkaido, Japan

Meskipun berasal dari Kyoto, kedai kopi ini juga memiliki cabang di Hokkaido. Dengan interior minimalis yang didominasi warna putih, terlihat bahwa desain memiliki peran penting dalam membangun ambience di Arabica Coffee. Jendela-jendela besar membuat cahaya matahari bebas masuk, membuat suasana di sini terang dengan pencahayaan natural. 

Sayangnya, Arabica Coffee tidak menyediakan tempat duduk untuk para pengunjungnya. Mereka yang ingin mencicipi kopinya bisa membeli untuk takeaway dan dinikmati di rumah. Salah satu menu yang layak dicoba adalah cafe latte dengan susu segar yang creamy.

 

Bar Gyu+

Alamat: 167-21 Yamada, Kutchan, Abuta District, Hokkaido 044-0081, Japan

Sekilas, lokasi tempat Bar Gyu+ berada hanya menunjukkan sebuah vending machine tua di tengah dinding bersalju. Ternyata, vending machine tersebut adalah pintu masuk menuju bar yang hanya buka di musim dingin ini.

Dengan interior yang eklektik dan quirky serta koleksi minuman yang cukup lengkap, Gyu+ Bar menjadi tujuan turis hingga para penggemar whisky dan cocktail. Meskipun berada di tengah musim dingin bersalju, Gyu+ Bar memiliki suasana yang hangat dan nyaman, seperti berkunjung ke ruang tamu seorang teman lama.

 

Grand Hirafu Mountain Center

Alamat: 204 Yamada, Kutchan, Abuta District, Hokkaido 044-0081, Japan

Bermain ski adalah tujuan banyak orang untuk jauh-jauh datang ke Hokkaido. Dengan cuaca dingin dan alam yang terjal, bermain ski sambil menikmati pemandangan menjadi salah satu penarik turis terbesar. 

Jika belum pernah mencoba ski sebelumnya, Anda tak perlu ragu. Kini, para pengunjung dapat dengan mudah mendaftar ke kelas-kelas ski yang tersedia via online booking. Meskipun perlengkapan ski dapat disewa di tempat, akan lebih baik untuk membawa sendiri pakaian ski untuk mencegah menghabiskan waktu mengantri. Staf yang bekerja di area ini juga bisa berbahasa Inggris untuk memudahkan komunikasi dengan pengunjung. Jika lelah bermain ski, pengunjung dapat beristirahat di restoran untuk mengisi energi.

 

Morihico Coffee

Alamat: 26-2-18, Minami 2 Jonishi, Chuo-ku, Sapporo 064-0802

Berlokasi di sebuah rumah tua, Morihico Coffee menggabungkan kopi yang nikmat dengan partisipasi komunitas setempat. Tak hanya menyediakan kopi, kafe ini juga menghadirkan event space yang kerap digunakan untuk workshop, performance, dan lain-lain. 

Meskipun tempatnya kecil dan ramai, Morihico Coffee adalah tempat yang nyaman untuk berbincang sembari menikmati kopi. Pemandangan salju yang turun di luar jendela terlihat kontras dengan interior yang didominasi perabot kayu dan ornamen antik, membuat suasana di dalam menjadi hangat dan cozy.

 

Rotunda Cafe

Alamat: 2 Takino, Minami-ku, Sapporo, Hokkaido

Berada di area kuil Hill of the Buddha, Rotunda Cafe tak terlihat terlalu mencolok dari bangunan di sekitarnya. Sesuai dengan kuil yang didesain oleh arsitek Tadao Ando ini, Rotunda Cafe mengusung desain yang modern dengan garis-garis minimalis bernuansa putih dan abu-abu.

Juga seperti Hill of the Buddha yang dikelilingi oleh kebun lavender, Rotunda Cafe terkenal dengan menu lavender ice cream yang semerbak dengan aroma bunga berwarna ungu ini. Selain es krim dan kopi, Rotunda Cafe juga menyediakan makanan berat, seperti Ramen.