Lifestyle

Nostalgia Ramadhan

Memasuki hari ke 15 di bulan puasa, banyak sekali acara TV bertemakan religi yang setia menemani kamu setiap saat mulai dari program acara sahur hingga berbuka puasa. Berikut adalah tujuh rekomendasi sinetron dan sitkom Ramadhan zaman dulu yang paling populer pada masanya.

 

Doaku Harapanku

Doaku Harapanku mengisahkan tentang lika-liku perjalanan hidup seorang perempuan bernama Anisa yang dibintangi oleh Krisdayanti. Sinetron Ramadhan ini banyak digemari oleh orang-orang karena kemampuan akting para pemainnya sangat mendalami karakter dan patut diacungi jempol.

 

Stasiun Ramadhan

Program sahur selama Ramadhan ini terbentuk dari kolaborasi antara Eko Patrio dan Ulfa dengan komedian lainnya untuk menghibur para penonton sekaligus mengusir rasa kantuk saat sahur. Sesuai dengan namanya, acara ini mengambil setting di stasiun dan mempunyai program kuis berhadiah jutaan rupiah. 

 

Bajaj Bajuri

Bajaj Bajuri adalah serial sitkom (situasi komedi) Indonesia yang ditayangkan sejak awal tahun 2002 hingga 2007. Sinetron sitkom ini menceritakan kisah sebuah keluarga sederhana Betawi, yaitu keluarga Bajuri dan Oneng, yang berpenghasilan pas-pasan karena sang suami hanyalah seorang sopir bajaj, dan sang istri membuka salon kecil-kecilan. Kehidupan mereka yang sederhana beserta lingkungan sekitarnya ditampilkan untuk menggambarkan situasi kondisi masyarakat daerah pinggiran di kota Jakarta.

 

Lorong Waktu

Sinetron ini bisa dibilang adalah pelopor sinetron yang bertema Ramadhan. Lorong Waktu ditayangkan pada tahun 1999 di stasiun TV SCTV. Sinetron ini menceritakan tentang penemuan sebuah mesin waktuoleh Ustad Addin yang diperankan oleh Adjie Pangestu. Ustad Addin sendiri merupakan murid sekaligus anak angkat dari Haji Husin yang dipernakan oleh Deddy Mizwar. Selain Ustad Addin, Haji Husin mempunyai seorang murid cilik bernama Zidan yang diperkan oleh Jourast Jordy. Lorong Waktu tayang hingga musim ke-6, dan memiliki versi animasi.

 

Kiamat Sudah Dekat

Kiamat Sudah Dekat berawal dari sebuah film yang ditayangkan pada tahun 2003. Kemudian, dilanjutkan dengan versi sinetron yang ditayangkan pada bulan Ramadhan. Bercerita tentang seorang pemuda yang berandal dan buta agama bernama Fandy (Andre Taulany), bertemu dan jatuh cinta dengan seorang gadis berjilbab bernama Sarah (Ayu Pratiwi) dalam sinetron, Sarah diperankan oleh Zaskia Adya Mecca. Demi mendapatkan cintanya, Fandy rela untuk belajar sholat, mengaji, dan juga menguasai ilmu agama islam.

 

Asep Show 

Asep Show adalah salah satu program TV yang paling dinantikan di bulan puasa. Acara yang bernuansa sunda ini menampilkan karakter wayang golek yang bernama ‘Cepot’ dan oleh dalang terkenal bernama Asep Sunarya dan dimeriahkan oleh Parto, Hj. Bolot, Komeng, dan komedian legend lainnya.

 

Para Pencari Tuhan

Para Pencari Tuhan tayang pertama kali pada tahun 2007. Sinetron religi Islam ini sudah memiliki 13 season dan hadir setiap hari selama bulan pukul 03.00 WIB. Cerita yang disuguhkan pun berbeda setiap episode nya namun sinetron ini menceritakan tentang perjalanan hidup yang dipenuhi dengan konflik namun dikemas secara informatif dan sangat menghibur. Para Pencari Tuhan dibintangi oleh Dedy Mizwar, Trio Bajaj, Zaskia Adya Mecca, dan masih banyak lagi.