Lifestyle

Ragusa Es Italia

Meski belum pernah mencobanya, namun pasti semua orang sudah tidak asing dengan nama ini. Ya, Ragusa Es Krim Italia. Walaupun banyak kedai es krim yang menjamur di Indonesia, terutama di Jakarta, namun tempat ini selalu disebut-sebut sebagai kedai es krim yang melegenda. 

kedai es krim legendaris ini terletak di pusat kota Jakarta, dekat dengan Monas. Ragusa sendiri sudah beroperasi sejak tahun 1932, dan awalnya dimiliki oleh Ragusa bersaudara yang berasal dari Italia. Akan tetapi, kini Ragusa dimiliki oleh Sias Mawarni dan Suaminya yang berasal dari Indonesia.

Meskipun kini dimiliki oleh orang yang berbeda, kedai es krim ini tetap berkomitmen untuk menjaga keaslian rasa dan teksturnya agar tetap sama seperti puluhan tahun lalu. Satu buah es krim memiliki harga yang bervariasi, mulai dari 20 hingga 40 ribu rupiah. Akan tetapi, es krim yang telah disajikan harus segera disantap karena mudah mencair, sebab es krimnya terbuat dari susu murni dan tidak menggunakan pengawet. Menu favorit dari tempat ini adalah Spaghetti Ice Cream, yaitu es krim rasa vanilla yang berbentuk pasta, disajikan dengan taburan cokelat, kacang dan jeli diatasnya. 

Tidak hanya dari rasa es krim, interior dan suasanya yang dibangun pun memiliki suasana yang senada, suasana jadul. Ruangannya tidak terlalu besar, dilengkapi dengan meja dan kursi rattan. Selain itu, terdapat berbagai foto-foto jadul yang digantung di dinding ruangan.

Kedai ini selalu ramai setiap harinya, terutama ketika akhir pekan. Ragusa Es Krim Italia buka setiap hari sejak pukul sepuluh pagi hingga sepuluh malam.

 

 

 

 

Ragusa Es Krim Italia

Jl. Veteran 1 No. 10

Jakarta 10110