People

Bincang Sore Dengan Greybox

Jumlah pelaku kreatif di bidang seni nampaknya semakin meningkat. Salah satu bidang kreatif yang sangat diminati oleh para pegiat seni tersebut adalah musik. Untuk beberapa orang musik bisa menjadi sumber gairah, pelampiasan untuk mencurahkan isi hati atau hanya sebagai sebatas hobi untuk mengisi waktu luang dan memperbaiki mumetnya mood dalam keseharian.

Berawal karena gairahnya terhadap musik, Rizky Argadipraja memilih untuk mengorbankan seluruh waktunya sebagai Music Producer. Walau tidak berasal dari keluarga yang menularkan bakat musik, rasa penasaran Rizky terhadap bidang ini tumbuh saat iseng bermain-main dengan koleksi piringan hitam ayahnya. Fast forward ke beberapa tahun kemudian, setelah sempat kuliah dan memproduksi beberapa project di New York, kini Rizky telah dikenal dengan nama aliasnya yaitu Greybox. Nama yang awalnya hanya dipakai sebagai nama sementara, namun terlanjur harus diterima olehnya karena ternyata orang-orang sudah cukup familiar dengan nama tersebut. Walau begitu, Greybox sendiri ternyata ada artinya lho; Grey merupakan simbolisme akan dirinya yang akan terus open minded terhadap semua genre, dan box akan terus menjaganya untuk tetap memiliki alur yang stabil.

Untuk menghilangkan rasa penasaran kami kepada sosok Greybox, kami pun langsung berbincang-bincang santai dengannya seputar apa arti musik dan juga produser yang paling menginspirasinya!

 

I: Apa arti musik untuk Greybox sampai bisa mendedikasikan waktu, ide dan energi sepenuhnya?

GB: Bagi gue pribadi bermusik adalah element healing, secara mental.

I: Semua pekerjaan pasti memiliki pro dan kontra, kalau boleh tau hal-hal menyebalkan yang harus dilalui seorang produser musik?

GB: Kalau ada project consignment sih dan terkadang harus bekerja dengan client yang dari segi ethic tidak mempunyai chemistry yang sejalan, itu stressful sih hehe

I: Pertanyaan spontan ya, kan lo sempat di New York. Sekarang kalau ga mencoba di Indonesia, kira-kira mau dimana lagi?

GB: Daerah yang belum cukup civilized kayaknya seru ya. Karena kemungkinan besar untuk menemukan suku-suku yang mempunyai ciri khas musik sendiri yang bisa kita bantuk pertahankan sebelum punah.

I: Wow juga ya, kalau musisi atau produser paling menginspirasi lo, siapa dan kenapa?

GB: J Dilla! Karena dia selalu menemukan cara kreatif dia untuk mengambil dan mengubah berbagi sample musik Jazz dan tentunya yang paling mengagumkan lagi he can still turn it into his own masterpiece.

I: Kalau Greybox biasanya cari inspirasi kemana?

GB: Selain tetap mencari-cari lagu baru, I always try to travel to new places. Karena gue percaya kalau lingkungan baru dapat mempengaruhi cara pikir dan composing, dan gue harus akui kalau itu sangat-sangat berguna dan supaya tidak cepat jenuh.

I: Last but not least, sekarang lagi sibuk apa? Apa akan ada project besar di waktu yang dekat?

GB: Projek album sudah pasti, tapi masih belum ada tanggal rilis yang pasti hehe. Selain itu gue akan rilis EP di akhir bulan ini featuring rapper-rapper lokal!

I: Apa ada harapan-harapan lo untuk produser muda di Jakarta?

GB: Tentunya, sampai sekarang gue masih sangat berharap makin banyak yang minat untuk mencoba produce. Cause truthfully we still need more producers here in Jakarta.