People

David Gelb & Brian McGinn

Belum lama ini tim Insitu menceritakan dokumenter Netflix yang berjudul Street Food. Menggiurkan memang, sebab di balik dokumenter tersebut ada figur yang memang sudah ahli dalam pembuatan film bertema kuliner. Para pembuat film Chef's Table ini ingin bercerita tentang jenis makanan yang sangat berbeda. Pada series ini, mereka seakan mengajak dunia untuk menikmati dan menyantap street food di Asia.

Netflix telah merilis banyak acara yang memicu rasa lapar akhir-akhir ini. Akan tetapi, tidak ada program lain di TV yang memiliki rentang hidangan yang sangat diinginkan seperti di Street Food. Serial terbaru Netflix ini digarap oleh pembuat Chef's Table, David Gelb dan Brian McGinn. Mereka bekerja dengan para ahli di sembilan kota Asia, termasuk Delhi, Bangkok, Osaka, Yogyakarta, Seoul dan lainnya untuk menemukan pedagang kaki lima lokal yang terkenal dengan kisah hidup mereka yang luar biasa.

Meskipun episode pada serial ini lebih singkat, sisi emosional dalam serial ini tetap kuat dan menakjubkan secara visual, seperti angsuran terbaik dari Chef's Table. McGinn bercerita kalau salah satu hal yang sangat menarik tentang budaya makanan kaki lima yang mereka jelajahi dalam serial ini adalah beberapa banyak yang diwariskan oleh tradisi, dan banyak dari pedagang kaki lima ini yang sudah menekuni bidang kuliner selama beberapa dekade hingga akhirnya sampai di titik ini. Seperti gagasan yang dieksplorasi David di Jiro Dreams of Sushi, bahwa semua orang bisa memulai karirnya dari kesederhanaan dan akan memakan waktu hampir dua generasi untuk menyempurnakan karya yang kita sukai.

Gelb dan McGinn mengakui kalau jalur yang ditempuh Chef's Table membuat mereka menyadari kalau serial seperti ini dimungkinkan. Kalau melihat beberapa season pertama di Chef's Table, makanan yang ditonjolkan merupakan santapan kelas atas dengan hidangan yang kompleks dan konseptual. Dalam beberapa episode, terutama dengan Ivan Orkin, Nancy Silverton, atau Cristina Martinez, mereka mulai menyadari bahwa kita dapat menceritakan kisah hebat tentang semua chef, termasuk para pedagang kaki lima. Kisah itu tentu membuka mata Gelb dan McGinn untuk melakukan sesuatu di sepanjang jajaran serial Street Food.