People

Jean-Pierre Jeunet

Memulai karirnya sejak 1978, sutradara kenamaan asal Prancis ini telah memproduksi banyak karya mulai dari Iklan, serial televisi, sampai pada akhirnya merambah ke dunia perfilman. Beberapa karyanya yang menjadi awal mula karier Jean-Pierre Jeunet adalah L'evasion (1978) dan Le manege (1981). Kedua film tersebut merupakan sebuah animasi pendek yang kemudian berhasil memenangkan César sebagai film pendek terbaik.

Dalam memproduksi film, Jeunet banyak melakukan kolaborasi dengan sutradara kenamaan lain. Salah satu hasil kolaborasinya yang sukses meraih penghargaan adalah Le bunker de la dernière rafale (1981), film pendek ber-genre sci-fi yang dihasilkan melalui kolaborasi antara Jean-Pierre Jeunet dan Marc Caro. Film pendek ini berhasil meraih penghargaan di beberapa festival film Prancis.

Tidak hanya melalui film pendek animasi, Jean-Pierre Jeunet juga menunjukkan kebolehannya dalam mengarahkan produksi iklan di televisi, videoklip, dan film. Terjunnya Jeunet di dunia perfilman ditandai dengan rilisnya film Delicatessen (1991) yang memenangkan empat penghargaan César, termasuk penghargaan sutradara pendatang baru terbaik dan skenario terbaik. Beberapa tahun setelahnya, Jeunet mulai melakukan proses direksi terhadap film-film lain seperti The City of Lost Children (1995), dan Amelie (2001) yang merupakan salah satu karyanya yang paling dikenal orang. Ia pun memiliki rencana untuk membuat sebuah mockumentary tentang proses pembuatan komedi romantik Amelie (2001) dalam rangka memperingati usia 20 tahun film tersebut. 

Pada karya terakhirnya, The Young and Prodigious T.S. Spivet (2013), Jeunet mengungkapkan jika dirinya tengah berada di tahal awal pengembangan animasi sci-fi dan komedi futuristik. Akan tetapi, bukan tanpa halangan, karyanya ini sempat mengalami penolakan pada tahun 2015, ketika Harvey Weinstein, distributor film, melakukan pemotongan alur cerita. Di beberapa film, sutradara yang belajar secara otodidak ini bahkan merangkap menjadi tiga kru sekaligus, yaitu sutradara, produser, dan penulis skenario. Tidak heran, Jean-Pierre Jeunet menjadi salah satu sutradara, produser, sekaligus penulis naskah terkenal dan disegani.